Hello

Welcome To Travplus

Explore | Journey | Snapshot | Writer | Enjoy, Let's be friends and spread the love
together in the world. #Travplus :P
Join us on

Sponsor Advertisement

Wisata Sejarah 3 Pulau, Murah Meriah Penuh Manfaat

Foto 1 : Icon 3 Pulau

Hari Minggu 20 Sep 15 waktu tepat menunjukan pukul 04.30 am, Saya sudah melakukan perjalanan dari Rumah menuju Kota Jakarta dan hari ini Saya akan melakukan perjalanan Oneday Trip menuju 3 Pulau Kecil yang Bersejarah dekat Ibu Kota Jakarta, mungkin untuk sebagian warga Ibu Kota Jakarta sudah sangat akrab dengan nama Pulau Cipir, Pulau Kelor dan Pulau Onrust yup,.3 Pulau ini bisa dibilang dulunya adalah pintu gerbang sebelum masuk Kota Batavia (sebutan kota Jakarta zaman kolonial). Saya akan menceritakan sekilas tentang 3 Pulau ini.

mulai dari, 

Pulau Kelor dahulu dikenal dengan nama Pulau Kherkof merupakan pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta. Pulau Kelor terletak berdekatan dengan gugusan yang sama dengan Pulau Petondan Besar, Pulau Petondan Kecil, Pulau Kelapa, Pulau Onrust dan Pulau Bidadari.

lalu,



Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta yang letaknya berdekatan dengan Pulau Bidadari. Pada masa kolonial Belanda, rakyat sekitar menyebut pulau ini adalah Pulau Kapal karena di pulau ini sering sekali dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia. Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust.


Nama 'Onrust' sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti 'Tidak Pernah Beristirahat' atau dalam bahasa Inggrisnya adalah 'Unrest'. Ada sumber lain yg mengatakan bahwa nama Onrust tersebut diambil dari nama penghuni pulau yang masih keturunan bangsawan Belanda, yaitu Baas Onrust Cornelis van der Walck.

dan 



Pulau Kahyangan (disebut juga Pulau Cipir atau Pulau Kuipir) merupakan salah satu pulau yang terletak di kepulauan Seribu. Pulau ini termasuk dalam wilayah administratif kelurahan Pulau Untung Jawa kecamatan Kepulauan Seribu Utara Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu provinsi DKI Jakarta. Pulau ini sudah mulai ditata untuk tujuan wisata.


Bersama dengan pulau Onrust, pulau Kelor, pulau Sakit (Pulau Bidadari) biasa disebut sebagai pulau Paradiso. Di pulau ini terdapat peninggalan sejarah, yaitu sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC. Disini ada sumber air tawar yang jernih dan bersih.

Meeting point untuk menuju 3 pulau ini melalui pelabuhan Muara Kamal buat kalian yang belum ngerti menuju pelabuhan Muara Kamal nih saya info tips-nya dibawah ini : 

Akses menuju dermaga Muara Kamal – Jakarta Utara:


  1. Transjakarta menuju Kalideres turun shelter, naik angkot carry plat hitam ke Muara Kamal sampai mentok Muara Kamal atau Tempat Pelelangan Ikan (Rp.6.000), jalan kaki menuju dermaga Muara Kamal.
  2. Bis apapun yang jurusan Kalideres turun di Perempatan Cengkareng (ciri ada Ramayana), naik angkot carry plat hitam ke Muara Kamal sampai mentok Muara Kamal atau Tempat Pelelangan Ikan (Rp. 6.000), jalan kaki menuju dermaga Muara Kamal.
  3. Dari arah Tangerang naik angkutan apapun yang menuju Grogol, turun di Perempatan Cengkareng (ciri ada Ramayana), naik angkot carry plat hitam ke Muara Kamal sampai mentok Muara Kamal atau Tempat Pelelangan Ikan (Rp.6.000), jalan kaki menuju dermaga Muara Kamal.
  4. Taksi sampai Tempat Pelelangan Ikan Muara Kamal, jalan kaki menuju dermaga Muara Kamal.
  5. Ojek Online,.
*Ongkos masih bisa berubah

Nah,.! dari 5 Pilihan diatas saya lebih memilih naik Go Jek dari sekitaran wilayah Tanah Abang menuju meeting point, kenapa naik ojek.? alasannya lebih kepada praktis aja sih gak mau ribet harus parkir kendaraan dan lebih simple bisa nyalip-nyalip kalau ada macet dan satu lagi lebih hemat menurut "saya". 


Foto 2 : Suasana Dermaga Muara Kamal
Foto 3 : Pulau Kelor

Foto 4 : Pulau Onrust
Foto 5 : Pulau Cipir

Sumber : 
Note : 
  • Foto-foto dokumentasi diatas adalah sepenuhnya milik penulis / Travplus.net

Share this:

ABOUTME

Travplus | Travel | Photographer | Backpacker | Writter | Blogger

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar