Hello

Welcome To Travplus

Explore | Journey | Snapshot | Writer | Enjoy, Let's be friends and spread the love
together in the world. #Travplus :P
Join us on

Sponsor Advertisement

Belitung Timur | Wisata Sejarah, Alam & Budaya | Part 1

Hallo Sobat Trav,.


Foto 1.1 : Gantong
Mungkin untuk sebagian Traveler sudah tidak asing lagi mendengar nama Pulau Belitung apalagi nama pulau ini makin terangkat  dan terpublikasi setelah salah satu novelis Andrea Hirata mempublikasikan cerita tentang kehidupan masyarakat Belitung dalam novel Laskar Pelangi. mungkin bagi sebagian Orang jika mendengar nama Belitung yang ada dipikiran mereka pertama adalah tambang TIMAH.?! PT Timah .?! Kaolin.? Namun saya rasa sebagian Traveler juga ada yang belum pernah jelajahi penuh Belitung khususnya bagian Belitung Timur padahal kalau kita mau jelajahi lebih jauh potensi wisatanya tidak kalah bagus dengan daerah di P.Belitung lainnya seperti lengkuas atau Tanjung Kelayang. Pada 26-28 Sep 2015 saya berkesempatan berkunjung ke Belitim atas undangan dari Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dalam rangka lebih memperkenalkan dan mempromosikan Beltim.

Pada hari pertama setibanya di Bandara H.A.S Hanandjoeddin kami langsung menuju daerah Gantung perjalanan menuju Gantung -/+1Jam dan selama perjalanan kami disuguhi oleh pemandangan padang savana dan danau-danau buatan bekas tambang timah yang sudah menjadi pemandangan khas Pulau Belitung. Akhirnya tibalah di suatu tempat dimana berdiri Replika SD Muhammadiyah Gantong,.kenapa cuma Replika bukan asli.? yah,.karena Replika SD ini sengaja dibangun oleh pemerintah daerah untuk mengakomodir para wisatawan yang berdatangan untuk mengabadikan bangunan sejarah ini walau hanya sekedar berfoto dan bernostalgia dengan duduk rapih dibangku sekolah sambil menatap papan tulis yang ada didalam kelas yang berhiasan foto-foto para pahlawan, tapi kunjungan saya kali ini sangat spesial karena langsung ditemani oleh Ibu Guru Muslimah cihuyy,. selain itu yang buat perjalanan saya ke Beltim makin luar biasa kali ini adalah saya satu trip dengan mas Barry Kusuma dan om Don Hasman,.


singkat cerita,.#gayanyaRoby :D <<< guide yang menemani kita selama perjalanan


Setelah puas berkunjung di SD Muhammadiyah perjalanan berlanjut menuju museum Kata Andrea Hirata, tempat ini museum kata-kata pertama di Indonesia. Tempat ini sengaja dibangun oleh pemiliknya semata-mata bukan hanya untuk sebagai museum tetapi lebih dari itu, kalau mau tau coba datang aja ya hee,.nanti ada pemandu museum yang menjelaskan tentang isi museum ini yang unik bukan pemandu biasa tetapi masih anak sekolah menengah atas sudah bisa diberdayakan, dengan rasa percaya diri mereka dapat membantu menjelaskan tentang isi museum kepada para wisatawan yang datang ke Museum tersebut, gak percaya silahkan buktikan langsung. Waktu sudah beranjak sore hari, kami langsung menuju daerah Manggar untuk mengunjungi tempat wisata yang lagi naik daun didaerah ini, yaitu Open Pit - apa tuh open pit,.sekilas sejarah tentang yang saya dapat dari bang Roby (guide) asal muasalnya open pit ini terbentuk karena hasil ekspolarasi besar-besaran yang dilakukan oleh penambang timah dari masa ke masa sejak zaman kolonial hingga peralihan ke PT Timah, kalian bayangin sendiri aja ya bukit yang tinggi pada awalnya saat ini terlihat seperti kawah gunung tapi ini terbentuk karena hasil ulah manusia yang tidak ramah terhadap alamnnya dan ini sudah terjadi berpuluh-puluh tahun sob,.miris tapi ini kenyataan yang terjadi di negara ini. di Open pit kita bisa jelajahi dan telusuri sekitar bekas tambang ini tapi hati-hati yah,.karena permukaan tanahnya berbatu dan cukup licin, tapi kalian bisa lihat pemandangan kebun sawit dari atas bukit ini dan melihat hasil bekas tambang yang sudah berubah seperti kawah gunug dengan warnanya yang khas,.


krx21321x-c=L4p3r ketik apaan sih sob.? hee,.itu anggap aja kode suara perut saya yang sudah merasa lapar lagi,.sudah puas berada di Open Pit kita lanjut lagi nih sob,.kemana kita.? Mau makan Mie Belitung dulu yah di Bukit Pangkuan sambil menyaksikan sunset,.pemandangan disini ajiibb,.suasana tenang dan bagus,.cukup 10 menit perjalanan dari Open Pit menuju Bukit Pangkuan. singkat cerita,.#gayanyaRoby waktu sudah mulai petang saya dan rombongan menuju manggar untuk check in di Hotel lokal,.cuma punya waktu -/+30 Menit karena jam 19.15 kita sudah harus siap menuju pantai Nyiur Melambai atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Lalang karena terletak di desa dengan nama yang sama, lokasinya berada di sebelah Barat Daya reruntuhan Oliepier, Kota Manggar Belitung Timur, berjarak sekitar 1,5 km jika ditarik garis lurus disini saya dan kawan-kawan makan malam bersama dengan plt.Bupati Belitim dan pihak lain yang terkait dengan bidang pariwisata Beltim. Menunya so pasti seafood sob,.mantapps,. ga usah iri yah,.makanya datang ke Beltim. Selesai makan malam kami lanjut diajak menyaksikan pertunjukan seni dan budaya lokal khas Beltim dan masih di sekitar Pantai Nyiur Melambai.

Segitu dulu cerita kegiatan saya hari pertama di Beltim,.mau tau kegiatan saya dan lainnya di hari kedua kLik disini yah.

Sumber : 



Note : 

  • Foto-foto dokumentasi diatas adalah sepenuhnya milik penulis / Travplus.net


Share this:

ABOUTME

Travplus | Travel | Photographer | Backpacker | Writter | Blogger

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Belitung Timur | Wisata Sejarah, Alam & Budaya | Part 1".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di disini

    BalasHapus